Selamat Datang di Blog Ini

Senin, 28 Maret 2011

Solusi Pengganti LPG???

Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah mencanangkan program Pembangunan Jaringan Distribusi Gas Bumi. Kota Surabaya, Jawa Timur dan Palembang, Sumatera Selatan adalah contoh kota yang telah dilalui proyek nasional tersebut.


Proses Penggalian 
Sumber : Dokumentasi PT. PROMITS

Bagi yang berdomisili di dua kota tersebut pasti sering menemui kondisi seperti pada foto diatas. Untuk mendistribusikan gas alam dari sumbernya digunakan pipa MDPE (Medium Density Polyethylene) yang ditanam di bawah tanah.

Pipa MDPE diameter 90 milimeter
Sumber : Dokumentasi PT. PROMITS

Pipa dengan bahan polyethylene mulai dikenal sejak tahun 1980-an. Bahan ini dikenal kuat, lentur dan ringan. Pipa ini mulai dipergunakan untuk menggantikan pipa baja (carbon steel) yang memiliki kelemahan terhadap korosi. Untuk keterangan lebih lengkap tentang kelebihan pipa polyethylene dapat dilihat pada :

Aliran gas alam dari sumbernya akan disaring dan diturunkan tekanannya sehingga memenuhi syarat untuk penggunaan rumah tangga melalui sebuah stasiun. Stasiun inilah yang mencatat pengeluaran gas, kadar gas, tekanan, temperatur dan data-data lain pada saat gas alam dipergunakan oleh masyarakat.

Metering & Regulator Station
Sumber : Dokumentasi PT. PROMITS


Dari stasiun pusat, gas alam dialirkan lagi pada sebuah stasiun cabang sehingga mengalami penurunan tekanan sekali lagi. Sebuah stasiun cabang yang disebut Regulator Station, bisa memenuhi kebutuhan 300 - 400 pelanggan.

Regulator Station
Sumber : Dokumentasi PT. PROMITS

Dari Regulator Station barulah gas alam disalurkan menuju pelanggan rumah tangga. Instalasi rumah tangga juga memiliki sistem pencatat penggunaan gas sehingga pengelola bisa mengetahui berapa banyak gas yang digunakan.

Instalasi Rumah Tangga
Sumber : Dokumentasi PT. PROMITS

Proyek ini diharapkan menjadi solusi pengganti dari LPG yang mahal dan memiliki sisi bahaya karena menggunakan tabung bertekanan tinggi. Akan tetapi proyek ini hanya bisa dilaksanakan di wilayah yang memiliki sumber gas atau dekat dengan sumber gas. Untuk wilayah yang tidak memiliki atau jauh dari sumber gas perlu dicari solusi yang lain. Mungkin saudara-saudara ada yang mempunyai ide?

Sekian dulu untuk bahasan kali ini. Lain waktu akan saya jelaskan secara mengenai sistem penyambungan, pengujian dan alur dari gas alam untuk distribusi rumah tangga. Terima Kasih

1 komentar:

  1. di tunggu bahasan berikutnya, yaitu sistem penyambungan, pengujan dan alur gas. trims.

    rgds,
    ruslan

    BalasHapus